Selasa, Oktober 29, 2013

on

Belimbing Mampu Mengatasi Kolesterol

Belimbing Mampu Mengatasi Kolesterol
Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah semua binatang dan juga manusia. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon -hormon steroid.

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Kolesterol dalam darah manusia terbagi menjadi 2 jenis yakni kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan HDL ( kolesterol baik). LDL apabila terlalu tinggi dan tidak seimbang dengan kolesterol baik HDL dapat menyebabkan penempelan di dinding pembuluh darah.

Kolesterol yang berlebihan bisa menempel di dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar. Inilah mengapa, kolesterol menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung.

Tapi, jangan khawatir, berikut adalah bahan alami untuk menetralkannya. Buah Belimbing (Averrhoa carambola) yang berasal dari India dan Srilangka ini mengandung banyak vitamin C dan memiliki khasiat sebagai antipiretik dan ekspetoran, antinflasi, analgesik dan diuretik sehingga baik untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit, antara lain batuk, sakit tenggorokan, kencing manis dan kolesterol.
Pektin yang terdapat dalam buah Belimbing Manis mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing Manis dijadikan sebagai obat anti hipertensi.

Cara pemakaiannya, ambil 2 buah belimbing yang sudah masak, cuci bersih, dimakan 2 x sehari. Namun, belimbing manis mengandung asam oxalic yang berbahaya buat penderita penyakit ginjal, jadi sangat tidak dianjurkan memakan buah ini, demikian seperti kami kutip dari beberapa sumber.
Diberdayakan oleh Blogger.